7 Pola Makan yang Bisa Bikin Kamu Sehat

Makan itu pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari. Makan juga merupakan usaha kita untuk bertahan hidup lho. Kan sekarang banyak tuh kasus kematian karena kekurangan makanan. Kalau di Indonesia sih kayaknya nggak separah di daerah Afrika sana. Tapi ada juga ternyata kasus kelaparan di negeri tercinta ini.

Nah, kalau ngomongin soal makan pasti yang dibahas selalu makanan aja nih. Sekarang gimana kalau ngomongin tentang gimana makan supaya sehat? Jarang-jarang juga bahas tentang pola makan kayak gini kan?

Sebenernya dari jaman kecil dulu kita uda diajarin tuh pola makan yang sehat. Jaman dulu terkenalnya tuh empat sehat lima sempurna. Tapi nggak cuma pilih makanan yang sehat aja, harus beserta cara makannya itu juga penting lho.

 1. Makan Pelan-pelan

Makan pelan-pelan

alliednutrition.com.au

Yang pertama ini kadang jadi hal sulit buat kita. Siapa yang makannya pelan-pelan? Apa lagi kalau sarapan dan waktunya udah mepet banget tuh. Bahkan sampai nggak sarapan, meding langsung berangkat daripada telat gara-gara sarapan.

Padahal makan cepat-cepat itu nggak baik lho. Makan dengan lambat itu bisa ngurangin jumlah makanan yang kita konsumsi. Apa lagi kalau makannya lama banget, udah bosen duluan tuh kalau ambil banyak tapi nggak habis-habis. Idealnya sih, ketika makan kita ngunyah makanannya sebanyak 30-35 kali sebelum menelannya. Fungsinya biar makanannya jadi lembut dan mudah dicerna, sama biar terproses dulu oleh enzim yang ada di mulut.

Makan cepat-cepat juga nggak sopan kalau dilihat. Apa lagi kalau makan sama orang yang sudah sepuh (baca: tua). Pasti ntar diingatkan untuk makan pelan-pelan biar lebih sopan.

2. Jangan Berlebihan

Makanan yang kecil tapi bisa dimakan

digg.com

Kadang kita kalau ambil makanan itu banyak banget, sampai kayak gunung. Tapi waktu udah dimakan, eee ternyata nggak habis. Kan mubadzir tuh makanannya, pasti ujung-ujungnya dibuang. Padahal masih banyak orang di luar sana yang kelaparan, sementara kita malah buang-buang makanan.

Sebaiknya kalau makan itu ambil sedikit aja, porsinya kecil kayak soto kudus yang mangkoknya kecil. Tapi jangan cuma sekali aja, harus dibiasakan biar kita jadi sehat. Jadi tiap makan kita kurangi porsinya, tapi kita boleh makan lagi dengan porsi kecil juga di lain waktu. Makan lebih sering itu bisa meningkatkan metabolisme tubuh kita.

Jadi lebih baik itu makannya sering dari pada makan banyak tapi sekali waktu. Kalau kita makan banyak itu bisa mengakibatkan kita kekenyangan, itu nggak baik buat kesehatan. Kekenyangan kan bisa bikin kita jadi ngantuk dan males mau ngapa-ngapain.

3. Beragam Jenisnya

Gambar salad sayur

saladbarmn.com

Beragam, bergizi dan berimbang, merupakan salah satu ciri makanan yang sehat tuh. Jadi nggak cuma makan satu macam aja. Contohnya nggak beragam tuh kayak makan nasi ayam cuma pakai saus aja. Itu nggak ada seratnya yang bisa kita dapat dari sayuran. Makanan yang beragam juga bikin waktu makan kita jadi berwarna lho. Kan sayuran ada macem-macem warnanya tuh.

4. Hindari yang Kalengan

Makanan di dalam kaleng

canned-fresh.com

Makanan segar itu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, dengan catatan yang residu pestisidanya kecil atau malah nggak ada. Nah, kalau makanan kaleng gimana? Boleh sih, tapi lebih baik dihindari. Kalau nggak kepepet banget nggak usah aja. Makanan kaleng itu nggak segar, dan kita kan lebih sering ketika buka makanan kaleng pasti dimasak lagi. Itu kandungan nutrisinya bisa berkurang karena proses pemasakan yang kita lakukan. Selain itu, kadang ada juga makanan kaleng yang pakai pengawet. Walaupun seudah sesuai standar, tapi kalau dikonsumsi terus menerus juga nggak baik sih.

Selain makanan kaleng yang dihindari, makanan cepat saji kalau bisa juga dikurangi ya.

5. Jangan Banyak Minum Saat Makan

Minum saat makan

extension.usu.edu

Minum saat makan ternyata dapat mempersulit kinerja pencernaan kita lho. Menurut penelitian, air yang kita minum saat makan akan mengencerkan konsentrasi asam lambung, sehingga proses pencernaan jadi terganggu. Paling baik itu minumnya 1-2 jam sebelum atau sesudah makan.

6. Pagi-pagi Minum Air Tambah Madu

Madu Asli

ahlanwasahlan.co.uk

Minum madu itu bagusnya diencerkan dulu dengan air putih. Pagi-pagi minum air dingin yang sudah dicampur madu itu baik buat kesehatan. Madu berfungsi untuk membersihkan lambung, menyembuhkan sembelit, wasir dan juga peradangan. Minum madu waktu pagi itu yang perlu diingat cuma satu, madunya harus asli. Madu asli itu baik buat kesehatan, kalau madu palsu nggak baik karena sudah ditambahi gula dan bahan lain.

7. Makan Buah Dulu

Buah pisang

onlinekhobor.com

Buah itu sebagai pencuci mulut, tapi sebaiknya dimakan sebelum makan. Paling nggak 30 menitan lah sebebum makan. Kalau mau mengonsumsi buah setelah makan sih juga nggak apa-apa, tapi minimal 3 jam setelah kita makan. Lama bener kan? Itu biar makanan yang kita makan tercerna dulu dengan baik.

Leave a Reply