7 Plugin Gratis dan Terbaik Untuk WordPress

Berjumpa lagi dengan saya setelah sekian lama menghilang, hho. Nah, setelah kemarin membahas tentang menulis konten berkualitas, sekarang saya akan berbagi sedikit mengenai plugin untuk wordpress.

Apa Itu Plugin?

Plugin merupakan sebuah program yang diintegrasikan dengan platform WordPress untuk memberikan fungsi tambahan yang belum tersedia pada instalasi standar. Atau pengertian lainnya adalah sebuah program aplikasi tambahan yang memberikan fitur atau layanan yang lebih spesifik untuk meningkatkan fungsi dalam penggunaan WordPress.

Plugin WordPress

Belajar Tentang Plugin WordPress

Plugin WordPress

Salah satu kelebihan menggunakan WordPress adalah terdapatnya bermacam-macam plugin dalam platform tersebut. Kita dapat meningkatkan kemampuan dan juga fungsi sebuah website WordPress dengan memasang beberapa plugin. Plugin yang dipasang dapat bermacam-macam, mulai dari plugin untuk SEO atau plugin untuk mempercantik tampilan sebuah website.

Saya akan membahas 7 plugin yang digunakan dalam website ini. Karena judulnya keramat, sebelum membaca kelanjutan dari artikel ini terlebih dahulu marilah kita membaca basmalah bersama-sama.

“Bismillahirrohmanirrohim”

JetPack

JetPack merupakan plugin yang dikeluarkan oleh perusahaan pembuat WordPress, Automattic. Plugin ini bisa digunakan secara gratis oleh pengguna WordPress self hosting. Untuk mempelajarinya kita bisa membaca artikelnya di jetpack.me.

Kegunaan dari plugin ini adalah website kita akan terhubung dengan wordpress.com, sehingga konten yang kita tulis dapat masuk ke situs tersebut. Selain itu keunggulan lainnya adalah gambar yang kita upload akan dibackup oleh wordpress.com sehingga hosting kita akan lebih ringan.

Akismet

Akismet merupakan plugin untuk mencegah spam pada website kita. Pencegahan tersebut dilakukan dengan melindungi kolom komentar kita dari komentar-komentar yang terindikasi spam. Plugin ini akan menyaring dan mengecek semua komentar yang masuk pada website kita.

Oh iya, sebaiknya kita menggunakan kolom komentar bawaan dari WordPress karena itu akan lebih bagus untuk SEO.

Breadcrumb NavXT

Breadcrumb NavXT berfungsi untuk membuat struktur navigasi pada sebuah situs. Ketika ada yang mengunjungi website kita dan membuka salah satu halaman pada website tersebut maka akan muncul struktur dari halaman tersebut.

Media File Renamer

Kegunaan dari plugin ini adalah untuk merename banyak file sekaligus. Jadi kita bisa mengganti nama dari file-file yang sudah kita upload pada website.

SEO Images

Plugin ini merupakan plugin yang secara otomatis akan mengupdate dengan ALT yang tepat dan atribut title untuk tujuan SEO. Jika sebuah gambar tidak memiliki ALT dan title, maka SEO Images akan menambahkannya sesuai denga pilihan yang kita tentukan.

Dengan adanya plugin ini, akan memudahkan saat kita mengoptimasi gambar.  Ketika ada yang mencari gambar dengan kata kunci yang telah kita tetapkan, maka gambar akan direkomendasikan oleh google.

Google XML Sitemap

Plugin ini akan membuat tampilan sederhana dari website kita. Dengan menginstal plugin ini maka akan memudahkan google untuk mengetahui semua URL dari website kita. Setelah kita pasang plugin Google XML Sitemap maka harus kita daftarkan ke google webmaster agar situs kita lebih cepat terindex oleh google.

Untuk masuk ke halaman sitemap kita dapat mengetikkan alamat URLnya, yaitu namadomain.com/sitemap.xml

SEO Ultimate

SEO Ultimate merupakan plugin yang digunakan untuk mempermudah pemberian deskripsi pada sebuah konten. Deskripsi yang dituliskan sekitar 140 karakter. Dalam deskripsi kita bisa membuat ringkasan dari sebuah konten dengan memasukkan kata kunci di dalamnya, karena google akan membaca 3 meta. Pertama adalah meta title, kemudian meta keyword, dan yang terakhir meta description.

Leave a Reply