7 Jajanan Lawas yang Bikin Kamu Mengingat Masa Lalu

Masa lalu, tinggallah masa laluu. Kok kayaknya kenal ya kata-kata barusan.

Kamu tentu pernah jadi anak kecil kan? Dan itu terjadi beberapa tahun yang lalu. Nggak mungkin kalau beberapa tahun yang akan datang.

Nah, ngomong-ngomong soal masa lalu, sepertinya kita perlu berbincang dengan serius deh. Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Bisa jadi, setelah kita membicarakan tentang masa lalu, tiba-tiba terjadi hal yang besar karena obrolan kita ini.

Kenangan akan jaman dulu pasti banyak banget. Bisa tentang permainan yang dulu sering kita mainkan, tempat wisata yang bikin pengen balik lagi atau mungkin makanan jadul yang sulit kita lupakan karena penuh kenangan.

Karena dari kemarin kita ngomongin tentang makanan, jadi nggak ada salahnya bahas makanan lagi ya. Nah, ini beberapa makanan jaman dulu yang masih melekat dalam ingatan kita. Yang kerennya, ada beberapa makanan yang masih bisa kita jumpai lho.

1. Permen Davos

Permen Mint Davos

bambangpriantono.wordpress.com

Permen itu sebenernya diambil dari kata peppermint lho. Karena orang Indonesia sulit buat ngucapin kata itu akhirnya disebut aja jadi permen.

Salah satu permen yang dulu sempat mewarnai hari-hari kita adalah Davos. Pada kenal nggak nih sama permen yang satu ini? Permen yang rasanya pedes gitu, bikin tenggorokan jadi plong. Apa lagi habis makan permennya langsung minum air putih. Langsung rasanya jadi semriwing, dan pengen minum lagi akhirnya.

2. Permen Asem

Permen Rasa Asem

flickr.com

Ini juga merupakan salah satu jenis permen jadul lho. Permen yang satu ini bentuknya bulat dan diselimuti gula pasir. Tentu saja rasanya asem karena terbuat dari asam jawa, tapi ada manisnya juga kok. Kalau sekarang mungkin akan susah buat cari permen yang bikin dahi kita berkernyit ini. Tapi ada beberapa toko yang memang jualannya makanan jadul, jadi mungkin kamu bisa tuh berburu di sana.

3. Coklat Payung

Coklat payung mingkup

pelangilollicandy.blogspot.com

Ingat, kita masih ngobrol serius, jadi nggak boleh becanda. Ini memang coklat payung, bukan payung yang terbuat dari coklat atau coklat yang makannya harus payungan. Bentuknya mirip kayak payung yang ditutup, untuk nggak kebuka tuh payungnya, ntar bingung makannya.

4. Permen Telur Cicak

Permen Berbentuk Telur

blog.lakupon.com

Bukan telur cicak beneran lho ini, cuma namanya aja. Sebenernya permen telur cicak adalah biskuit yang dilapisi sama gula warna-warni. Kalau sekarang mungkin mirip choy-choy yang coklat berlapis itu. Waktu kecil, kita mungkin makannya diemut dulu sampai lapisan gulanya habis, baru dikunyah tuh.

5. Kue Kering Ada Gula Diatasnya

Kue Kering Ada Gulanya

mengejarhujan.wordpress.com

Kamu tau nggak nama dari makanan yang satu ini? Jujur ya, ini bener-bener ungkapan kebenaran dari hati saya yang terdalam lho. Saya nggak tau nama makanan ini sebenernya apa. Kalau artis sesuatu itu yang memberi nama, mungkin akan dinamai dengan jambul Jimmy Neutron.

Karena nggak tau namanya, gimana kalau kita sebut aja kue kering yang ada gula warna-warni di atasnya? Dulu kalau makan kue ini, pasti yang habis duluan bagian gulanya deh. Terus bagian rotinya dikasihkan ke orang tua kita. Ngaku deeeh, pasti gitu to?

6. Kue Satu

Kue Satu

commons.wikimedia.org

Kalau yang ini ada yang nggak tau kah? Jangan-jangan cuma saya aja nih yang makan kue satu ini. Ya, namanya kue satu, terbuat dari kacang hijau yang disangrai kemudian ditumbuk, lalu dicetak. Tapi kok warnanya nggak hijau ya? Ini pasti ada konspirasi sehingga warnanya nggak hijau.

7. Permen Kaki

Permen Kaki Hot Hot Pop

tokopedia.com

Hot-hot pop, bikin gaya makin nge-pop.

Tag line dari permen berbentuk kaki tuh yang diatas. Dulu nge-hits banget nih permen, sampai lidahnya berwarna merah semua. Bentuknya emang nggak umum, permen yang notabennya adalah makanan kok ya berbentuk kaki. Apa yang makan ntar nggak pada jijik tuh?

Itu mungkin menjadi salah satu ciri yang bikin permen ini jadi laris. Kalau di warung pasti nyari tuh permen kaki.

Nah, kayaknya cukup dulu deh obrolan serius kita untuk saat ini. Lain kali, kita bahas hal yang lebih urgent lagi. Biar jadi inspirasi buat masyarakat Indonesia.

5 Comments

  1. noorah April 13, 2015
  2. masFikr April 13, 2015
  3. j2ck rymen November 26, 2015
  4. masFikr November 26, 2015
  5. Cynthia Mustika May 4, 2016

Leave a Reply