5 Tempat Wisata Kuliner di Magelang yang Rugi Kalau Kamu Lewatkan

Kamu pasti tau yang namanya kota Magelang kan? Kota yang terletak di utara kota Jogja ini memiliki banyak tempat wisata lho.

Kalau saya, kurang lengkap rasanya mengunjungi suatu tempat tapi nggak nyobain makanan yang terkenal di daerah tersebut. Nah, kalau gitu mari kita tengok, apa aja sih kuliner yang mantab di kota Magelang ini.

 1. Kupat Tahu

Kupat tahu magelang enak

www.yukpegi.com

Magelang merupakan kota yang terkenal banget nih kupat tahunya. Kalau saya sih biasa nyebutnya tahu guling, nggak tau juga kenapa disebut gitu, hhe. Kalau melintas di kota Magelang banyah tuh gerobak yang jualan panganan yang satu ini. Kayak udah jadi iconnya magelang aja, kalau ke Magelang ya makannya kupat tahu.

Kupat tahu Magelang terdiri dari berbagai bahan, yang jelas ada tentunya adalah kupat dan tahu. Nah, bahan lainnya seperti bakwan, irisan kubis, taburan tauge, daun seledri, dan bawang goreng. Bawang, cabai, dan kacang yang sudah diulek, lalu ditambahkan kuah kecap akan menambah kenikmatan dari makanan yang satu ini.

Selain menjamur di kecamatan Blabak, penjaja kupat tahu juga banyak terlihat di alun-alun kota. Ada satu tambahan pelengkap, yaitu kerupuk. Pasti rasa kupat tahunya makin mantab karena kriuk-kriuk kerupuk menambah selera makan kita.

2. Mangut Lele

Mangut Lele Magelang

makhfudsaptadi.blogspot.com

Salah satu warung makan yang menu utamanya mangut lele yang rekomended adalah Warung Purnama, tempatnya ada di Dusun Tangkilan. Warung Purnama sudah buka sejak tahun 1965, sama saya aja masih tua ini warung. Kuah santan yang dilengkapi dengan sambel goreng pasti akan menambah selera makan kita. Apalagi sambel gorengnya ada potongan tahu, buncis, pete, sama cabe merah cabe hijau pasti makin mantab rasanya.

Warung yang letaknya nggak jauh dari jembatan Sungai Pabelan (jembatan perbatasan Magelang Muntilan) ini, selain menu mangut lelenya juga ada menu mangut bawal dan gorengan ikan tawar.

3. Mangut Beong

Mangut ikan Beong

life.viva.co.id

Beong itu nama ikan ya, bukan nama warungnya, kalau  nama warungnya Warung Makan Sehati, cieee. Nah, ikan beong ini merupakan ikan tawar yang hidupnya di aliran sungai yang cukup deras, bentuknya seperti ikan lele.

Warung Makan Sehati ini terletak di pinggir jalan raya borobudur-salaman, atau lebih tepatnya di Desa Bumen, Kelurahan Kembanglimus. Nggak jauh dari Borobudur kok, sekitar 1,5 km lah kalau dari Borobudur ke Kecamatan Salaman.

Nama pemilik warungnya adalah Bu Istiqomah, beliau generasi kedua penerus warung makan ini. Seperti namanya Bu Istiqomah selalu istiqomah dalam menjalankan warung ini, hha. Usut punya usut, dulunya warung ini hanya warung kecil-kecilan, yang berdiri pada tahun 1996. Suatu saat ada pemancing yang nawarin ikan hasil pancingannya ke warung ini. Nah, singkat cerita, ikan itu kemudian diolah menjadi mangut beong dan ternyata banyak yang suka sama menu itu. Pada tahun 2000 warung kecil ini mulai terkenal tuh, sekarang rata-rata dapat memasak 70-80 kg ikan beong.

Nah, tunggu apa lagi? Kalau berkunjung ke Magelang, jangan lupa mampir ke Warung Makan Sehati ini dan mencicipi sedapnya mangut beong.

4. Sego Godog

Sego godog - Nasi rebus

allaboutmgl.blogspot.com

Sego godog kalau di-bahasa-Indonesia-kan artinya nasi rebus, walah apa lagi ini nasi kok direbus. Emang agak nyleneh dikit nih kuliner yang satu ini. Tapi kalau kita tau prosesnya ya emang direbus.

Proses pembuatannya kayak gini nih, kuah yang sudah diberi bumbu rempah-rempah dipanaskan diatas bara arang. Setelah itu nasi putih dan mie dimasukkan dalam kuah lalu dimasak sampai matang. Kalau udah matang, tambahin deh potongan daging ayam sama telor. Bisa juga ditambahkan rempelo ati atau ceker, tergantung selera kita pokoknya.

Salah satu warung sego godog yang terkenal di Magelang namanya Warung Sego Godog Pak Broto. Letaknya di Noyoditan, Banjarnegoro (Mertoyudan), Magelang, kalau dari SMA Taruna Nusantara, jalan ke selatan sedikit lalu belok kiri.

5. Sop Senerek

Sop Senerek Magelang

makanlagilagimakan.wordpress.com

Sop Senerek merupakan makanan peninggalan Belanda lho. Konon waktu jaman Belanda dulu sop ini  dibuat menggunakan kacang polong hijau (disebut Snert Soup), kalau sekarang kacang polongnya diganti sama kacang merah.

Sop yang terdiri dari kacang merah, daging sapi, wortel, kentang, daun bawang, daun seledri ini sangat nikmat dimakan saat masih panas. Warung sop senerek yang terkenal di Magelang adalah warungnya Pak Parto. Warung ini letaknya di Jl. Ikhlas, tepatnya di Pertokoan Rejo Mulyo C no. 12 bersebelahan sama gerbang masuk menuju Gunung Tidar.

Nah, itu tadi beberapa tempat makan yang ada di Magelang. Kalau soal rasa ya tergantung kitanya sih, kan tiap orang beda-beda seleranya. Pokoknya kalau ke Magelang jangan lupa jajal makanan yang ada disana ya.

Leave a Reply