5 Hal Hebat yang Ibu Lakukan Untuk Kita

Ibu merupakan orang yang paling hebat di dunia ini. Bagaimana tidak, belaiu mampu mencurahkan segalanya cuma buat kita ini. Anak yang masih belum bisa apa-apa, yang bisanya cuma minta. Tapi ibu tetep perhatian sama kita, bahkan melebihi perhatiannya sama dirinya sendiri.

Mari kita lihat beberapa kehebatan super hero yang ada di dunia nyata ini.

1. Mengandung selama sembilan bulan

Ibu Mengandung selama 9 bulan

Ibu mengandung selama sembilan bulan

Mengandung merupakan perhatian ibu pertama kali untuk kita. Padahal kita masih belum ada bentuknya tuh, masih di dalam perut. Mulai dari bulan pertama ibu sudah merawat kita. Nutrisi untuk kita diperhatikan, bahan ibu rela makan yang banyak agar kita tidak kekurangan gizi. Padahal ibu juga menahan mual karena sedang mengandung kita. Sampai sembilan bulan lamanya coba, bayangkan sembilan bulan. Itu tentu bukan waktu yang sebentar. Membawa beban yang berat di dalam perutnya.

2. Melahirkan kita dengan penuh perjuangan

Bayi menagis saat terlahir di dunia

Kita menangis saat pertama kali, dan ibu menangis bahagia

Melahirkan merupakan perjuangan paling berat yang dilakukan oleh ibu, antara hidup dan mati. Seorang ibu mempertaruhkan hidupnya ketika akan melahirkan anaknya ke dunia. Bukan hanya sekedar waktu atau materi yang dipertaruhkan, tapi nyawa. Dan itu merupakan pertaruhan yang sangat besar dari seorang ibu.

3. Merawat kita sejak masih belum bisa apa-apa

Bayi kecil dalam pelukan ibu

Kita selalu disayangi oleh ibu

Setelah kita lahir di dunia ini, ibu sangat bahagia. Bahkan sampai ada yang meneteskan air matanya, saking bahagianya. Saat masih belum bisa apa-apa, ibu sudah menggendong kita. Menyusui kita dengan hati-hati, karena kita masih rapuh. Lagi-lagi ibu berbagi makanan dengan kita. Ibu memberikan sebagian dari apa yang diperolehnya ketika makan untuk kita, dalam bentuk air susu.

Beranjak menjadi dewasa pun ibu selalu merawat kita. Pokoknya nggak ada yang bisa ngalahin perhatian yang diberikan ibu kepada kita.

4. Mendidik kita tanpa kenal lelah

Pembelajar kecil

Ibu merupakan orang yang pertama kali mendidik kita

Dari mulai kita belum bisa ngomong, ibu selalu memberikan rangsangan-rangsangan suara. Kata-kata yang halus, suara yang tidak membentak, sampai budi pekerti yang luhur.

Pendidikan pertama yang kita dapat memang berasal dari rumah, dari seorang ibu tepatnya. Karena kita sehari-hari bersama ibu. Bangun tidur dibangunin ibu, mau mandi harus disuruh ibu dulu, makan pun disuapi ibu, tidur kalau nggak dipaksa ibu nggak mau tidur. Dari interaksi yang terjadi seharian penuh itu ibu juga mendidik kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Sudah sepatutnya kita ini mulai dari sekarang harus berusaha menjadi orang yang lebih baik.

5. Mendahulukan kita dari pada dirinya sendiri

Bayi memegang tangan ibu

Ibu selalu mendahulukan kepentinga kita

Nah, kehebatan ibu yang kelima adalah selalu mendahulukan kita. Kalau kita butuh sesuatu pasti ibu akan memenuhinya. Tetapi dengan catatan, kebutuhan itu bersifat penting dan mendesak. Kalau hanya sekedar untuk jajan atau beli barang yang kurang berguna saya rasa ibu tidak langsung memberikannya. Ini juga merupakan bentuk pengajaran ibu terhadap kita. Agar kita tidak gampang buat mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak kita butuhkan.

Ketika kita ingin makan, pasti ibu memberikannya untuk kita. Padahal, mungkin di rumah hanya tersisa makanan itu saja. Pasti ibu akan mendahulukan kita untuk memakannya dari pada untuknya. Kalau kita menyerahkan makanan itu kepada ibu, akan dijawab dengan entengnya “Ibu gampang nak, buatmu saja, makanlah”. Huhuhu, gimana nggak hebat tuh?

Nah, sebagai anak, kita harus selalu berbakti kepada kedua orang tua kita, ibu dan juga bapak. Ya walaupun agak telat kalau kita mulai berbaktinya sekarang, nggak apa-apa laah. Jangan sampai kita jadi anak yang nggak tau diri.

Leave a Reply