15 Makanan yang Baik Untuk Jantung Kamu

Pasti kamu tidak ingin kan terkena penyakit jantung, apalagi saat usia kita masih muda. Nah, salah satu cara agar terhindar dari penyakit jantung adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut contoh makanan yang baik kita konsumsi agar jantung kita tetap sehat.

 1. Kismis

Kismis anggur

pixabay.com

Penyakit jantung ternyata bisa dipengaruhi oleh kesehatan gusi lho. Dalam kismis terdapat zat antioksidan yang dapat memerangi tumbuhnya jenis bakteri pada gusi. Jika bakteri dibiarkan tumbuh dapat menyebabkan peradangan dan penyakit gusi.

2. Yogurt

Yoghurt plain

godlywomanhood.com

Seperti yang saya tulis sebelumnya, menurut penelitian, jika penyakit gusi dibiarkan dapat meningkatkan resiko sakit jantung pada seseorang. Peneliti dari jepang sudah ada yang menganalisis asupan makanan 1000 orang dewasa. Didapatkan hasil, mereka yang mengonsumsi yogurt memiliki gusi yang sehat. Dalam Jurnal of Perodontologi, probiotik (bakteri baik) membantu melawan pertumbuhan bakteri di mulut.

3. Biji-bijian

Biji-bijian

www.public-domain-image.com

Biji-bijian mengandung antioksidan, fitoestrogen dan fitosterol yang dipercaya dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Serat dalam biji-bijian juga memiliki manfaat yaitu menurunkan kolesterol jahat (kalau bahasa kerennya LDL).

4. Kacang Hijau

Kacang hijau

evoucher.co.id

Menurut penelitian dalam Jurnal of Nutrition, mengonsumsi setengah cangkir kacang hijau setiap hari, dapat menurunkan kolesterol.

5. Tomat

Tomat merah

en.wikipedia.org

Harvard School of Public Health telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa tomat dapat menurunkan resiko penyakit jantung sampai 50%. Antioksidan dalam tomat yaitu lycopene, baik untuk kesehatan.

6. Raspberry

Raspberry warna merah

freegreatpicture.com

Kandungan antosianin dalam raspberry juga baik untuk jantung. Penelitian dilakukan terhadap 94.000 wanita, hasilnya adalah makan raspberry dapat menurunkan resiko penyakit jantung sampai 30%. Dalam penelitian yang lain, raspberry mengandung banyak vitamin C, mangan, potasium dan serat yang baik untuk kesehatan jantung.

7. Kacang Almond

Kacang almond

newcyprusmagazine.com

Omega-3 dalam kacang almond sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kacang almond juga mengandung vitamin E, magnesium, folat, dan serat yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah.

8. Ikan Salmon

Ikan Salmon dengan sayuran pelengkap

infonutrisi.com

Ikan salmon dan tuna juga mengadung asam lemak omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan dapat mencegah ketidakberaturan irama jantung. Mengonsumsi ikan salmon 2-3 porsi dalam seminggu,  dikaitkan dengan penurunan resiko sakit jantung dalam jangka panjang.

9. Coklat Hitam

Coklat hitam

drmarcuslaux.com

Flavonoid dalam coklat memiliki efek pengencer darah. Tapi ingat, ini coklat hitam atau dark chocolate.

10. Bit

Buah bit

topfoodfacts.com

Buah bit sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dan resiko penyakit jantung. Nitrat oksida dalam buah bit mampu menenangkan pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah.

11. Anggur Merah

Buah anggur

livli.com

Kalau yang ini bukan minuman anggur merah lho ya, ini buahnya. Anggur merah mengandung resveratol dan flavonoid dapat melindungi pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Manfaat tersebut dapat mencegah resiko penyakit jantung.

12. Apel

Buah apel

nutritioncheckup.com

Menurut sebuah penelitian, orang yang gemar mengonsumsi apel memiliki resiko yang sangat rendah terkena stroke dan sakit jantung. Flavonoid yang ada dalam buah apel seperti kuersetin, epikatekin, epigalokatekin, dan kaempferol mempunyai peranan untuk mencegah oksedasi kolesterol jahat (LDL). Selain itu flavonoid juga mampu mencegah penumpukan plak dalam pembuluh darah arteri dan menghambat peradangan.

13. Delima Merah

Buah delima merah

natradahlan.blogspot.com

Dalam delima merah terdapat senyawa antosianin yang dapat mengurangi penurunan plak di arteri dan menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian terhadap minuman kaya antioksidan, delima merah memiliki kandungan antioksidan tertinggi dibandingkan dengan jus blueberry, cranberry dan anggur merah.

14. Pisang

Buah pisang

onlinekhobor.com

Kandungan kalium dalam pisang dapat membantu menjaga fungsi jantung dan keseimbangan natrium dalam tubuh. Selain itu, kalium dapat membantu ginjal dalam mengekskresi kelebihan natrium, yang membuat tekanan darah menjadi sehat.

15. Kiwi

Buah kiwi

froyoworld.com

Vitamin C yang terkandung dalam kiwi sangat banyak. Kandungan vitamin C tersebut sangat baik untuk antioksidan dan meningkatkan elastisitas serta kekuatan pembuluh darah.

Leave a Reply